Era Revolusi Industri Mewadahi Teknologi Informasi Menjadi Basis dalam Kehidupan

Mataram, NTB – Sekertaris Daerah Kota Mataram yang diwakili Asisten II Setda Kota Mataram Lalu Alwan Basri memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Sosialisai, Evaluasi dan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) dan Gerakan Smart City Kawasan Pariwisata Fokus Kawasan Mandalika, bertempat di Aula Lantai III Kantor Wali Kota Mataram, Rabu (20/07/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa, Kepala Bidang e-Government Abdul Manan serta Pejabat Perencana Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Mataram.

Dalam sambutanya Sekertaris Daerah Kota Mataram menjelaskan seiring dengan perkembangan zaman yang tengah memasuki era revolusi industri teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan sehari – hari, kemajuan teknologi menjadi suatu terobosan baru yang digunakan Kota Mataram untuk memberikan layanan semaksimal mungkin bagi warga masyarakat Kota Mataram, sehingga muncul konsep Cyber City dan Smart City.

“Tujuan implementasi smart city ini untuk dapat membentuk dan menerapkan suatu kota yang aman, nyaman, terkendali dan mempermudah akses bagi masyarakat serta memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian, social dan teknologi” Kutip Asisten II Setda Kota Mataram.

Lebih lanjut Pemerintah Kota Mataram sendiri sudah menerapkan kebijakan Mataram Smart City yang memiliki focus terhadap pelayanan publik berbasis teknologi (e-Government), Penerapan e-Government tersebut bertujuan untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik, meningkatkan efisiensi dan transparansi.

Tidak heran saat ini Pemerintah Kota Mataram sedang melaksanakan 2 program Smart City diantaranya program 100 Kota menuju Smart City (2018-2023) dan program Smart City Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional (KPPN) Mandalika (2021-2026) dengan 6 konsep Smart City.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram I Nyoman Suwandiasa mengapresiasi atas kinerja baik yang sudah dilakukan pada pejabat perencana organisasi perangkat daerah Kota Mataram “cukup 2 kata keren dan hebat” ujar Kepala Dinas Kominfo dengan bangga.

I Nyoman Suwandiasa juga menjelaskan bahwa program Smart City ini bukan hanya sekedar sebuah kegiatan yang dilakukan Pemerintah tapi Smart City ini merupakan sebuah kegiatan bersifat kolaboratif dan melibatkan semua komponen yang ada di kota Mataram baik itu Pemerintah, warga masyarakat umum maupun sektor swasta. Kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi ini akan dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 20 – 21 Juli 2022,”Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.