Acara HAN 2022 Berlangsung Meriah, Lotim terima bantuan 3,8 Milyar dari Kemensos.

Lombok Timur_ Menteri Sosial Tri Rismaharini membuka rangkaian acara Hari Anak Nasional (HAN) 2022 secara virtual disaksikan perwakilan anak negeri di seluruh Indonesia. Acara pun berlangsung cukup meriah karena dirangkai banyak kegiatan.

Dalam kesempatan itu juga Menteri Sosial memberikan bantuan dana kepada Kabupaten Lombok Timur yang terima secara simbolis Bupati Lotim H.M. Sukiman Azmy. Bantuan yang diterima adalah sekitar 3,8 milyar yang nantinya bantuan tersebut akan diperuntukkan untuk Bantuan Kebutuhan Khusus berupa Nutrisi, Pakaian, peralatan sekolah, makanan, sembako, paket kebersihan diri dan ibadah untuk 4.242 anak.

Bantuan juga akan dialokasikan untuk kebutuhan khusus anak, pengentasan kemiskinan ekstrim dan renovasi rumah layak anak. Dalam pidatonya, Kemensos Tri Rismaharini menyampaikan kepada semua anak Indonesia untuk tidak boleh menyerah dalam kondisi dan situasi apapun.

“Tidak mudah memang untuk berhasil tapi tidak ada yang tidak bisa, kita punya Tuhan Yang Maha Esa”, tegasnya.

Menteri sosial juga mengimbau semua anak Indonesia terutama para anak anak penyandang disabilitas untuk tidak boleh takut atau minder dan tidak boleh ikut dalam pergaulan bebas lebih lebih ke hal – hal yang berkaitan dengan kriman dan narkoba.

Orang yang kerap disapa Bu Risma ini juga berkesempatan menyapa seluruh anak Indonesia via Virtual. Ikut juga memeriahkan acara Hari Anak Nasional Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang kerap disapa Bu Bintang.

Saat menyapa seluruh anak Indonesia via Virtual Bu Bintang mengapresiasi usaha dan kerja keras Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam ikut mensukseskan Hari Anak Nasional 2022.

“Luar biasa peringatan Hari Anak Nasional yang di lakukan di Lotim. Momentum hari ini adalah hari kalian semua”, ungkapnya.

Ditempat yang sama Bu Bintang juga menyampaikan pesan Bapak Presiden H.Joko Widodo untuk anak Indonesia.”Pak Presiden berpesan kepada semua anak Indonesia untuk harus rajin belajar, rajin berdoa dan rajin Sekolah”, tambahnya.

Menurutnya Hari Anak Nasional tahun ini sangat menarik, dimana semua anak bisa disapa langsung oleh Menteri Sosial dan mereka bisa menyampaikan unek – unek mereka secara langsung.

“Kalian harus semangat, rajin belajar, kesempatan itu tetap ada tanpa mebedakan latar belakang suku,ras dan kedudukan”, pintanya.Saat menyapa anak – anak Indonesia via Virtual, Bu Risma menerima banyak masukan terutama terkait fasilitas belajar seperti Listrik dan pengadaan lampu belajar.

Sementara untuk anak – anak dari sekolah pedalaman lainnya, mereka meminta sarana Perahu penyeberangan, akses perbaikab jalan dan pengadaan fasilitas Taman Membaca Anak.

Risma juga meminta kepada para pelajar disabilitas agar meniadakan perbedaan dan tetap optimis. Terakhir disampaikannya agar anak indonesia tidak mengambil sikap menikah di usia anak agar memiliki masa depan yang lebih baik.

“Mari anak-anakku, kita ambil peran dalam setiap kegiatan dan jangan terpengaruh untuk menikah dini karena itu bukanlah sebuah pilihan demi masa depan anak anakku yang lebih baik”, pintanya.Acara dirangkai pembagian bantuan kursi roda dari Kemensos RI kepada penyandang Disabilitas.

Dilanjutkan pemberian Piagam dari kemensos dan penyerahan bantuan secara simbolis.Dari laporan Kemensos RI, rangkaian Parayaan HAN 2022 berlangsung di 17 titik terdiri dari 5 kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, 10 titik komunitas di kawasan 3T dan 2 titik di Sentra dan Sentra Terpadu Kemensos. HAN 2022 diharapkan menjadi momen anak-anak dari seluruh Indonesia saling berkomunikasi.

Adapun komunitas yang menjadi lokasi HAN 2022 adalah Suku Anak Dalam di Jambi, Suku Baduy Banten, Suku Laut Pulau Bertam Kepulauan Riau, Suku Asmat Papua Erosaman, Suku Asmat Papua Amagais, Suku Asmat Papua Asatat, anak di wilayah perbatasan Sebatik Nunukan, Kota Kecil Wini (Timur Tengah Utara), Suku Dayak Meratus, dan pengungsi Majene. Sentra Terpadu Soeharso di Solo dan Sentra Antasena Magelang ditetapkan menjadi lokasi khusus lembaga.

Untuk rangkaian kegiatan HAN 2022 yang sudah dilakukan di antaranya Sentra Alyatama Jambi memberikan bantuan bis sekolah. Pembangunan sekolah di Majene, bantuan kapal penyebrangan anak sekolah di Pulau Bertam, komputer dan laptop di Wini, 100 unit sepeda di Kabupaten Sarmi Papua, dan penguatan community center untuk anak-anak di Suku Dayak Meratus.Dilanjutkan dengan kegiatan di bidang kesehatan berupa pemberian pelayanan imunisasi, vaksin, pemeriksaan dan pemasangan kacamata dan alat bantu dengar, dan khitanan massal. Layanan fisioterapi disiapkan Sentra Terpadu Soeharso Solo.

Lomba berupa panjat dinding dan belajar memanah di Sentra Antasena Magelang dan kegiatan seni berupa pembuatan kerajinan khas daerah.Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur NTB Hj. Siti Rohmi Djalilah, Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dapil NTB H. Rahmat Hidayat, sejumlah perwakilan jajaran pejabat Kemensos RI dan Forkopimda Lotim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.