Cegah PMK, Bhabinkamtibmas Desa Boak Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak

Sumbawa Besar-NTB, Bhabinkamtibmas Desa Boak Aiptu Andriawan Budi dan Babinsa Desa Boak Sertu Rustam pagi tadi (21/09/2022) melakukan pendampingan vaksinasi pada hewan ternak yang dilaksanakan oleh UPT Keswan Kecamatan Unter Iwes guna mendukung pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Sumbawa.

Bhabinkamtibmas yang di temui di lokasi mengungkapan “Vaksinasi ini dilakukan pada hewan dalam kondisi kesehatan yang baik dan tidak pernah terkena wabah PMK. Sedangkan untuk ternak yang terkena PMK langsung dilakukan penanganan berupa pengobatan.” Singkatnya.

Dalam kegiatan tersebut petugas yang hadir juga menyampaikan kepada para peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran dan menyemprotkan disinfektan.

Sementara itu di lokasi berbeda Kasi Humas AKP Sumardi, S.Sos menerangkan bahwa saat melakukan pendampingan vaksinasi bhabinkamtibmas juga diminta untuk mengingatkan para peternak secara terus menerus terkait ciri-ciri hewan terinfeksi PMK .

“Untuk mencegahnya, kami menghimbau masyarakat melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan kandang dan selalu desinfektan sekitar kandang serta terus mengingatkan ciri ciri hewan yang terjangkit PMK, sehingga apabila sudah menemukan adanya ciri-ciri tersebut dapat langsung dilaporkan untuk segera ditangani dan tidak menular kepada hewan ternak lain nya.” tutupnya.

Kasi Humas juga menambahkan bahwa kegiatan pendampingan vaksinasi terhadap hewan ternak sapi di Kecamatan Utan merupakan bentuk dukungan Polri kepada pemerintah dalam program mencegah penyebaran wabah PMK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.