Dandim 1615/Lotim : Cegah Konflik Sosial Dengan Komunikasi Yang Efektif

Lombok Timur – Salah satu upaya pencegahaan konflik sosial di daerah yakni dengan menggalakan komunikasi yang efektif antara masyarakat dengan pemerintah baik itu TNI, Polri maupun pemerintah daerah.

Demikian dikatakan Komandan Kodim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., seusai mengelar pembinaan komunikasi (Binkom) pencegahan konflik sosial di Bale Langgak Makodim yang dihadiri Ketua Tim Binkom Letkol Arh Tengku Sonny Sonatha dan rombongan.

Menurut Dandim, Binkom ini merupakan salah satu program dari Komando Atas yakni Mabes TNI AD untuk menyerap berbagai persoalan terkait dengan situasi dan kondisi wilayah khususnya Kabupaten Lombok Timur.

Jika mengacu pada UU Nomor 7 Tahun 2012, lanjut Amin, pencegahan konflik sosial dilakukan dengan upaya memelihara kondisi aman dan damai dalam masyarakat, mengembangkan sistem penyelesaian konflik dalam masyarakat, meredam potensi konflik serta membangun sistem peringatan dini sesuai dengan kebutuhan.

“Mari kita bekerjasama dalam menjaga kondusifitas wilayah, apabila ada hal-hal yang mencurigakan agar segera dilaporkan secara hierarki atau langsung kepada Babinsa atau Koramil terdekat ataupun ke Polsek sehingga penanganannya lebih cepat. Ini salah satu peran dari masyarakat,” imbaunya.

Pria kelahiran Ternate itu juga mengingatkan perlu adanya komunikasi yang lebih intens dan efektif untuk menjalin hubungan yang harmonis baik terhadap sesama warga, warga dengan aparat maupun aparat dengan aparat itu sendiri.

“Berangkat dari ini maka persatuan dan kesatuan bangsa tidak akan mudah digoyahkan karena adanya kebersamaan, keselarasan dan kesamaan pola pikir untuk menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

Adapun narasumber dalam Binkom tersebut yaitu Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Lombok Timur dan Kepala Kejari Selong dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, instansi pemerintah dan mahasiswa dengan mengusung tema Peran seluruh Komponen Masyarakat Dalam Upaya Mencegah Konflik Sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *