Akibat Cakaran Monyet Liar, Warga diminta untuk Tetap Waspada

Lombok Timur | cantiknews.com – Sesuai alur kejadian Sejak Bulan Januari 2023, sebanyak sembilan orang terkena akibat cakaran monyet liar di Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur. Senin (10/1/2023).

Kejadian terakhir, pada Minggu (2/4) lalu. Dimana, seorang ibu rumah tangga. Melinda Harisandi (25) melintas di jalan jurusan Perian-Pasanggerahan, Montog Gading, sekitar Pukul 11.30 Wita.

Melinda digigit monyet liar pada bagian betis sebelah kanan. Akibat bekas gigitan monyet liar itu, ia terpaksa mendapat 21 jahitan.

Atas kejadian tersebut, Dinas Kesehatan Lombok Timur (Dikes Lotim), sigap mengantisipasi terjadi indikasi rabies pada korban. Tidak hanya itu, Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan juga turut mengantisipasi.

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit, dan Kesehatan Lingkungan pada Dikes Lotim, Budiman Satriadi mengatakan, peristiwa itu telah diantisipasi secara intensif oleh tenaga kesehatan dan stakeholder terkait.

“Sejak kejadian awal, Alhamdulillah semua sudah diberikan penanganan dan belum ada yang terindikasi rabies,” Jelas Budiman.

Sambungnya, minggu lalu pasien sudah dikunjungi oleh tim dokter kabupaten. “Kondisi pasien sudah membaik,” Ungkapnya.

Lanjut Budiman menjelaskan, Rabies merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat virus yang ditularkan kepada manusia melalui air liur hewan.

“Pada umumnya, penyebarannya melalui gigitan saliva (anjing, kucing, dan kera atau monyet liar,” Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *