Pastikan Keamanan Jelang WSBK 2023, Instansi Kemaritiman Gelar Patroli Bersama

Mataram – Event World Superbike (WSBK) 2023 akan digelar mulai 3-5 Maret 2023 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah. Sehubungan dengan itu, Instasni Kemaritiman dari TNI-Polri, Bea Cukai, SAR, ASDP, Balai Karantina Ikan Mataram, KSOP Lembar menggelar patroli kemaritiman bersama, Selasa 21 Februari 2023.

Patroli bersama tersebut dipimpin Dir Polairud Polda NTB, Kombes Pol Kobul S Ritonga, bersama Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Djawara Heny Twies Wimbo, dan dimulai dari Perairan Pelabuhan Lembar.

“Jadi hari ini kami dari Angkatan Laut, Polairud NTB, bersama rekan instansi kemaritiman lainnya melaksanakan apel alutista sekaligus patroli bersama. Tujuannya untuk pengamanan Event WSBK yang akan dimulai 3 Maret 2023,” ungkap Wimbo.

Dijelaskan Danlanal Mataram, pihaknya menurunkan tiga kapal. Sementara dari Polairud sendiri menurunkan seluruh unsur yang ada. “Tadi kami lakukan patroli sampai dengan Perairan Mandalika, hal ini ke depan secara rutin, memastikan Event Internasional aman,” sambungnya.

Sementara itu, Dir Polairud Polda NTB, Kombes Pol Kobul S Ritonga menjelaskan, potensi gangguan keamanan di laut sifatnya dinamis. Mulai dari antisipasi cuaca buruk sampai dengan antisipasi kecelakaan laut.

“Apel kesiapan sudah kami lakukan, bagaimana agar anggota mampu melakukan respons cepat, tentunya untuk pertolongan laut. Fasilitas sudah kami lengkapi,” jelas Kobul.

Untuk pengamanan wilayah perairan sendiri, lanjut Kobul, pihaknya akan melakukan pengawasan pada empat pelabuhan yang ada. Diantaranya, Pelabuhan Lembar, Gili Mas, Kayangan, dan Bangsal.

“Selain pengawasan pada 4 pelabuhan tersebut kita juga melaksanakan pengamanan di wilayah laut mandalika serta 7 pantai kawasan tersebut yang kita awasi keamanannnya”, ungkap Kobul.

“Kami akan fokus pada empat pelabuhan ini. Untuk memastikannya, kami akan gencarkan patroli secara rutin, jadi nanti penonton yang datang, dengan melihat anggota di lapangan, akan yakin dengan keamanan di NTB,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *