Pemkab Lotim Terjun Ke SMA Negeri 1 Selong, Juaini Taofik : Pendidikan Politik ini Berperan Penting

Lombok Timur | Cantiknews – SMA Negeri 1 Selong menerima kunjungan Tim Penyuluhan Pendidikan Politik Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Materi penyuluhan disampaikan pada kegiatan Upacara Bendera. Senin, (11 /9/ 2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. Muhammad Juaini Taofik, M.AP selaku narasumber penyuluhan sekaligus bertindak sebagai pembina upacara bendera mengawali amanatnya dengan menyampaikan harapan dan motivasi kepada seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Selong terutama bagi peserta didik.

“Teruslah meningkatkan semangat belajar, tidak ada proses yang instan untuk mencapai kesuksesan. Kalau kita naik dengan persiapan, kita akan turun dengan penghormatan,” ucap Sekda Juaini yang juga merupakan alumni SMA Negeri 1 Selong tahun 1991.

Kepada peserta didik, terutama kelas XII, Sekda Juaini berpesan agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya mulai saat ini untuk menghadapi masa depan yang lebih baik. Menurutnya, peserta didik memiliki modal awal yakni nama besar sekolah dengan track record yang bagus untuk bersaing di kampus-kampus ternama.

“Tolong persiapkan diri sebaik mungkin, bendera SMA Negeri 1 Selong selalu berkibar dimanapun karena tetap menanamkan nilai-nilai yang baik secara turun temurun,” ungkapnya.

Sekda Juaini juga berharap agar peserta didik mempertahankan prestasi yang telah ditorehkan dan harus terus mengembangkan diri menjadi lebih baik dari sebelumnya. Apapun kuliah dan profesinya harus bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mempersiapkan diri menuju generasi emas tahun 2045.

“Jadilah lebih baik untuk tidak meninggalkan generasi yang lemah dan harus bertutur kata yang baik,” ucapnya sembari mengutip QS. Surat An-Nisa Ayat 9.

Berkaitan dengan materi penyuluhan, Sekda Juaini memaparkan tahapan-tahapan pemilu, penyelenggara dan peserta pemilu. Ia mengajak seluruh warga sekolah yang masuk kategori peserta pemilu agar bergairah mengikuti pesta demokrasi yang sebentar lagi akan digelar pada tahun 2024 mendatang. “Sebagai warga negara yang baik, gunakan hak pilihnya,” pungkasnya.

Menyikapi kegiatan penyuluhan Pendidikan Politik Masyarakat, Kepala SMA Negeri 1 Selong, Dr. Sri Wahyuni sangat mengapresiasi dan mengajak seluruh warga sekolah melaksanakan arahan dan petunjuk Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan penyuluhan Pendidikan Politik Masyarakat mengacu pada surat permakluman Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur nomor 005/951/CD. Dikbud/KPD/IX/2023 tertanggal 5 September 2023. Permakluman ini merupakan tindak lanjut dari surat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Kabupaten Lombok Tengah nomor 005/229.a/KPBDN/2023.

Bakesbangpoldagri Kabupaten Lombok Timur mengadakan kegiatan Pendidikan Politik dengan sasaran siswa-siswi pada sekolah SMA/SMK Negeri se Kabupaten Lombok Timur dengan tema ” Literasi Politik Generasi Milenial Menuju Sukses Pemilu 2024 untuk Indonesia Maju” yang pelaksanaannya pada saat kegiatan Apel Upacara Bendera di sekolah masing-masing sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *