Raperda inisiatif ! Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren

Lombok Timur | cantiknews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lombok Timur (Lotim), menggelar rapat paripurna pada Senin, 16 Oktober 2023, di Ruang Rapat Utama DPRD. Rapat tersebut dihadiri oleh Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Lotim Marianah, menjelaskan dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif yang sedang dibahas.

Raperda pertama mengenai Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren bertujuan mendukung pesantren dalam pengembangan pendidikan dan pembangunan masyarakat, khususnya di Lotim yang memiliki banyak pesantren.

Raperda ini didasarkan pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan mencakup delapan bab serta 26 pasal yang mengatur berbagai aspek terkait penyelenggaraan pesantren.

Raperda kedua berfokus pada Penghormatan, Pelindungan, dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, Perempuan, dan Anak, dengan prinsip hak asasi manusia yang harus dilindungi. Tujuannya adalah mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan bagi kelompok ini.

Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Raperda ini terdiri dari 16 bab dan 250 pasal yang mencakup berbagai aspek perlindungan dan pelayanan.

DPRD Lotim mengundang pandangan konstruktif dari pihak Eksekutif dalam penyusunan Raperda ini, dengan harapan bahwa regulasi daerah yang dihasilkan akan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lombok Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *