Jambore Kader Tingkat Nasional ! Gelar Apel 2 Kader Posyandu Terbaik Se-Lotim

Lombok Timur | Cantiknews – Dinas Kesehatan Lombok Timur (Dikes Lotim), menggelar apel pelepas dua Kader Posyandu terbaik, sebagai peseta jambore kader tingkat nasional tahun 2023 di Jakarta. Mereka akan bersaing untuk meraih gelar juara kader berprestasi.

Kedua kader tersebut, Shalatiyah dan Hemi Widiastuti. Shalatiyah dari Posyandu Serumpun Bambu, Labuan Lombok, mewakili NTB, sementara Hemi Widiastuti dari Posyandu Muhajirin Lingkungan Dasan Erot, Kelurahan Kembang Sari, Kecamatan Selong, mewakili Kabupaten Lotim.

Menurut Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat, Dikes Lotim, Hj Nur Hidayati, pemilihan kedua kader ini bukan kebetulan. Mereka telah lama berdedikasi dalam pekerjaan mereka.

“Upaya kedua kader ini, membuat mereka berada di terdepan di antara teman-teman mereka dan menginspirasi para kader lainnya,” ujar Hj Nur, usai apel pelepasan di Halaman Kantor Dikes Lotim. Kamis, (9/11/ 2023).

Pemilihan kader terbaik didasarkan pada pengabdian dan prestasi mereka dalam Posyandu, dengan pendekatan edukasi melalui bioskop sebagai salah satu media utama.

Tujuan utamanya adalah menggugah minat remaja terhadap program pemerintah dan mendorong mereka untuk berperan aktif dalam masyarakat.

Selain itu, mereka juga mengedukasi tentang isu-isu penting seperti perkawinan dini, narkoba, dan program-program lainnya melalui film-film edukasi yang disiapkan.

Shalatiyah menampilkan film layaknya bioskop ini, menjadi tempat untuk membangun kebersamaan dan kegiatan-kegiatan positif bagi masyarakat, termasuk penggunaan motor patroli untuk kunjungan ke rumah-rumah.

“Program-program inilah mengatarnya untuk bersaing merebutkan juara kader berprestasi tingkat Nasional,” ujar Hj Nur.

Sambungnya, Ibu Erni, seorang kader lama, telah berdedikasi untuk mengadvokasi program-program kesehatan di kelurahannya, dengan inisiatif seperti gerakan donasi Rp1.000 untuk mendukung Posyandu.

Prestasi kader seperti Shalatiyah dan Hemi Widiastuti memberikan semangat bagi kader-kader lain di Lotim, dan berperan sebagai pembicara pemerintah dalam bidang kesehatan.

“Ini merupakan apresiasi yang patut dibanggakan, Semoga prestasi mereka terus memberikan inspirasi dan dedikasi untuk masyarakat,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *