Kemas Kick Off dalam Upaya Peran Penting  Bina Keluarga Balita (BKB)

Mataram | Cantiknews – Dandenkesyah Mataram mewakili Danrem 162/WB selenggarakan Dalam rangka giat Dukung Bina Keluarga yang mengusung tema  Paparan Peran Serta Babinsa Dukung Bina Keluarga Balita (BKB) Sejak Musrenbangdes. Kegiatan tersebut digelar pada pukul 09.00 WITA yang berlangsung di Lesehan ujung Landasan. Kamis, (18/04/2024)

Hadir dalam giat tersebut Dandenkesyah 09.04.02 Mataram, Pasiter Kodim se Pulau Lombok, Ketua TP. PKK Provinsi NTB dan TP. PKK Kab Lombok Barat, Kepala Bidang KS OPD KB Kab Kota se NTB (Online maupun Ofline), Ketua APDESI Prov. NTB, DPMPDESDUKCAPIL Provinsi NTB, KPM Satgas Stunting, dan Ketua IP KB. Berikut Peserta yang hadir (Secara Online)
Babinsa se NTB dan BKB se NTB

Acara tersebut dirangkaikan dengan Rangkaian Pembukaan, Materi Penelis, Pantau BKB MU oleh Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Prov. NTB, Alokasi Dana Desa Untuk Penurunan Stanting Oleh Ketua Apdesi NTB, Peran Serta Babinsa Dukung BKB Sejak Musrenbangdes oleh Dandenkesyah 09.04.02 Mataram, Tanya Jawab, Ishoma, Materi Penelis 2, Peran PKB/PLKB dalam Musrenbangdes Oleh Lalu Agus Kusumaredi, S.Kom, Penyusunan Proposal Dana Desa dalam Rangka Penurunan Stanting Melalui BKB oleh Dr. M. Karjono, SKM, M.Kes, Tanya jawab dan RTL oleh Mia Oktora, S.Sos

Senada dengan itu, Komandan Detasmen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 09.04.02 Mataram Letnan Kolonel Ckm Khoirul Anam, A.Md., memberikan materi tentang peran serta Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam mendukung program Bina Keluarga Balita (BKB) yang diselenggarakan oleh BKKBN di Lesehan Ujung Landasan Kabupaten Lombok Barat.

Dalam hal tersebut, Acara yang dikemas dengan Kick Off Perencanaan dan penganggaran kegiatan BKB Sejak Musrenbang Desa (Pantau BKB MU) diikuti oleh Pasiter bersama seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Korem 162/WB secara online dan anggota BKB se Provinsi NTB.

Dandeskesyah 09.04.02 Mataram Khoirul Anam menegaskan,” Babinsa dalam melaksanakan tugas selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh  komponen  masayarakat baik dengan Kepala Desa, Babinkamtibmas, tokoh agama, tokoh masyarakat termasuk instansi terkait untuk mendukung dan mensukseskan semua program pemerintah”.

Ia menegaskan terkait dengan program BKB Khoirul Anam mengatakan para Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial berperan aktif di lapangan khususnya di desa binaan karena ada kaitannya dengan Posyandu, penanganan anak stunting dan pembentukan karakter anak sejak dini dengan memanfaatkan metode komunikasi sosial (Komsos) sebagai sarana untuk memberikan penyuluhan dan edukasi masyarakat bersama kader BKB yang ada di wilayah.

“Jadi strategi Komsos ini sangat efektif digunakan oleh Babinsa untuk saling bertukar informasi, menyampaikan imbauan, sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat binaan,” bebernya.

Selain itu, Dandenkesyah Mataram juga mengajak seluruh petugas dan kader BKB untuk terus berupaya secara bersama-sama dengan semua komponen masyarakat termasuk tenaga kesehatan yang ada di desa memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat sehingga anak-anak tumbuh sehat dan normal sesuai harapan keluarga.(*P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *